On


Untuk eksis di dunia maya sepertinya sudah banyak jalan yang bisa ditempuh seseorang tanpa harus memiliki sebuah website. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenisnya, memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa eksis di dunia maya.

Memang sih, kemudahan yang ditawarkan platform media sosial tersebut membuat seseorang yang baru pertama kali belajar menggunakan aplikasi langsung bisa bermain tanpa harus belajar seperti anda yang akan mempelajari cara membuat website.

Jadi memang ada segmentasi tersendiri, seperti mereka yang hanya ingin bertemu dengan teman-teman lama, atau ingin memamerkan kegiatannya tanpa ada niat bisnis, saya rasa media sosial sudah cukup. Bagi mereka yang ingin berjualan cukup dengan membuka toko online di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Kaskus. Bagi perusahaan, organisasi, atau institusi lainnya, maka wajib memiliki sebuah website. Namun jika anda ingin tampil sebagai seorang profesional, atau ingin berbagi ilmu, atau ingin mencari uang dari internet, maka website atau blog menjadi sebuah keharusan.

Membuat website atau blog bisa menghasilkan uang? Ya tentu saja, cuma ya tidak semudah yang dibayangkan, tapi tidak pernah ada kata terlambat, semuanya memiliki kesempatan yang sama. Tidak seperti MLM yang hanya sukses adalah yang pertama. Tidak di dalam dunia internet.

Dan sebenarnya untuk membuat sebuah website atau blog sangatlah mudah dan sederhana walau memang jika ingin lebih profesional mestilah ada belajar sedikit tentang bahasa HTML, namun jangan membuat anda surut untuk memulai berbagi sesuatu dengan dunia. Seperti saya yang akan mencoba berbagi ilmu dalam ilmu membuat website dan bagaimana menggunakan website-website lainnya untuk memudahkan kita di dalam pekerjaan sehari-hari. Apalagi anda yang suka menulis, jika tulisan anda tidak diterima di koran untuk ditayangkan, atau untuk eksis di dunia pertelevisian sangat tidak memungkinkan, internet menyediakan untuk anda untuk bisa eksis tanpa dipungut biaya dan syarat tertentu.

Di artikel selanjutnya, kita akan memulai, bagaimana cara membuat blog atau website yang mudah dan tidak ribet berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang website developer.